Cara Menganalisa Kerusakan Pada Printer Laser

Mauris pharetra et ultrices neque. Pretium fusce velit ut tortor pretium viverra suspendisse. Et tortor at risus viverra adipiscing aket.

Printer bersuara kasar.

Printer bersuara kasar bisa disebabkan oleh cartridge atau printer itu sendiri, untuk memastikannya sederhana yaitu dengan mengganti dengan cartridge lain.

Printer bersuara kasar umumnya harus dilakukan pembongkaran untuk memastikan letak kerusakannya, maka sebaiknya diserahkan pak teknisi yang berkompeten.

Printer tidak dapat menyala sama sekali.

Salah satu penyebabnya adalah terganggunya daya yang masuk ke dalam printer, untuk memastikan bisa dengan mengganti kabel power supply-nya dengan kabel lain.

Penyebab lain adalah kerusakan pada ECU (Engine Control Unit), jalan keluarnya adalah dengan mengganti dengan ECU yang sejenis.

ECU mati total salah satu akibatnya adalah ketidakstabilan daya listrik.

Printer gagal Startup

Pada saat printer dihidupkan, maka secara otomatis formatter akan melakukan pengecekan kondisi printer, membaca semua sensor dan mendeteksi semua parameter.

Pada tahap ini, printer bisa mengalami kegagalan yang disebabkan oleh :

Kerusakan firmware

Firmware adalah serangkaian perintah/program yang tertanam di dalam printer. Apabila terjadi kerusakan pada firmware berakibat printer tidak bisa menjalankan fungsinya meskipun semua komponen didalamnya dalam kondisi normal.

Kerusakan pada sensor, sehingga formatter gagal memperoleh informasi tentang kondisi komponen.

Cetakan printer keluar tulisan aneh

Printer mencetak sesuai data dari PC/laptop yang dikirim melalui kabel atau nirkabel, setelah diterima oleh printer maka akan dilakukan proses rendering pada Formatter. Apabila terjadi kegagalan pada proses rendering ini, maka printer akan mencetak sesuatu yang berbeda dari data yang dikirim oleh PC/laptop, biasanya tulisan yang tercetak berupa kode-kode yang tidak bisa dibaca manusia. Kegagalan proses rendering umumnya disebabkan oleh :

Data yang diterima oleh printer tidak lengkap, sebabnya bisa karena terputusnya koneksi atau sebab lain.
Driver yang tidak sesuai, biasa terjadi pada printer yang menggunakan koneksi kabel LPT
Firmware printer bermasalah.

Don’t Stop Here

More To Explore

Diskon Transaksi pertama!

25% OFF

transaksi pertama Anda!