Paper Jam – Penyebab Printer Rusak

Mauris pharetra et ultrices neque. Pretium fusce velit ut tortor pretium viverra suspendisse. Et tortor at risus viverra adipiscing aket.

Pada tahap berikutnya, kita akan mulai mempelajari penyebab Paper Jam yang lebih disebabkan oleh kegagalan fungsi printer. Paper jam adalah istilah untuk kertas yang macet di dalam printer. Penyebab utamanya terdapat di dalam printer, karena printer yang menggerakkan semua peralatan yang berfungsi untuk menjalankan kertas. Penyebab paper jam antara lain :

Pickup roller

Bagian ini terdiri dari sebuah karet yang umumnya berwarna abu-abu, dengan permukaan kasar dan sedikit lengket. Fungsi dari pickup roller adalah untuk mengambil kertas dari paper tray. Kegagalan fungsi pickup roller akan menyebabkan kertas tidak dapat masuk ke dalam printer dan printer akan menginformasikan kepada user sebagai paper jam.

Separation pad

Bagian ini berfungsi untuk mencegah kertas masuk ke dalam printer lebih dari satu lembar. Kegagalan fungsi dari separation pad tentunya akan menyebabkan printer me-load kertas lebih dari satu lembar. Kertas yang masuk ke dalam printer lebih dari satu lembar secara bersamaan kadang menyebabkan kertas berhenti di dalam printer

Sensor

Sensor adalah bagian elektronik kecil yang terdapat di beberapa posisi d dalam printer yang berfungi untuk mendeteksi suatu parameter, termasuk posisi kertas. Kegagalan fungsi sensor akan berakibat posisi kertas tidak bisa terdeteksi oleh Formatter yang merupakan pusat pengendali printer. Jadi walaupun kertas dapat masuk dan berjalan normal di dalam printer, akan tetapi karena tidak terdeteksi maka proses pencetakan akan dihentikan dan dianggap terjadi paper jam.

Solenoid

Komponen ini terhubung langsung ke Formatter, berfungsi untuk mengendalikan gear-gear penggerak pickup roller. Kegagalan fungsi dari solenoid akan menyebabkan printer terus-menerus me-load kertas tanpa berhenti atau sebaliknya tidak bisa me­-load kertas sama sekali.

Fuser/pemanas

Di dalam unit pemanas, terdapat dua Roller utama yaitu Upper Fuser Roller dan Lower Pressure Roller, selain itu terdapat beberapa Roller tambahan yang berfungsi untuk keluar masuk kertas di dalam unit pemanas. Salah satu kegagalan dalam fungsi pemanas adalah kerusakan sensor suhu, yang berakibat suhu di dalam pemanas tidak terdeteksi secara actual. Akibatnya adalah fuser bisa mengalami Overheat, sehingga kertas yang masuk akan dipanasi dengan suhu yang diluar batas spesifikasinya. Akibatnya adalah kertas menjadi tergulung didalam pemanas, atau dapat keluar dengan kondisi yang tidak semestinya. Kegagalan lain dari unit ini adalah Roller yang berfungsi membantu kertas keluar dari pemanas tidak berfungsi, sehingga kertas akan berhenti di dalam pemanas

Kertas

Faktor spesifikasi dan kondisi kertas itu sendiri sangat mempengaruhi kelancarannya di dalam printer. Kertas yang terlalu tebal atau terlalu tipis diluar dari range yang diijinkan oleh vendor, memungkinan kertas akan macet di dalam printer. Penggunaan kertas bekas, kertas kotor berdebu, kertas yang tidak bersih (misal : terdapat lem, paper clip dll) juga menjadi faktor terjadinya paper jam.

Peletakan yang salah di dalam Paper Tray

Setiap printer pasti dilengkapi dengan paper tray, yaitu wadah/tempat dimana kertas yang akan digunakan untuk mencetak diletakkan. Pada beberapa jenis printer, dilengkapi dengan lebih dari satu paper tray untuk memudahkan user dalam menggunakan beberapa jenis/ukuran kertas yang berbeda secara bersamaan.

Sebagai contoh, printer Xerox DocuPrint 340A, tray 1 bisa diisi dengan kertas A4 dan tray 2 bisa diisi dengan kertas F4.

Di dalam paper tray, minimal di dua sisi nya, terdapat pembatas kertas yang dapat diatur posisinya sesuai dengan ukuran kertas. Pembatas ini harus diatur sedemikian rupa supaya benar-benar pas dengan kertas didalamnya, sehingga posisi kertas bisa tertumpuk sempurna dan rapi, tidak berserakan di dalam tray.

Cara meletakkan kertas secara sembarangan di dalam paper tray juga memicu terjadinya paper jam, karena kertas akan masuk ke dalam printer dalam posisi yang tidak tepat.

Masalah pada cartridge

Meskipun jarang terjadi, paper jam juga bisa disebabkan permasalahan pada cartridge. Salah satu contoh yang perah terjadi adalah, cartridge yang mencetak terlalu pekat, sehingga ketika keluar dari pemanas, toner masih belum kering sempurna dan masih berupa gel. Akibatnya adalah kertas akan macet di dalam pemanas printer.

Dari paparan tentang paper jam diatas, sekarang kita akan belajar cara mengatasi paper jam. Berikut ini adalah tahapan-tahapan ketika akan mengambil kertas yang tersangkut di dalam printer.

  1. Matikan printer, kemudian cabut daya listrik yang masuk ke dalam printer. Tujuannya adalah untuk menghindari user tersengat aliran listrik ketikan memasukkan tangan ke dalam printer yang sebagian besar terbuat dari logam
  2. Lepaskan cartridge dari dalam printer. Hal in untuk mencegah permukaan OPC Drum tergores saat kertas ditarik paksa.
  3. Perhatikan posisi kertas di dalam printer, apabila kertas belum masuk pemanas, maka tarik kertas sesuai dengan arah jalannya kertas di dalam printer dan jangan sebaliknya, karena akan merusak sensor di dalam printer.
  4. Apabila kertas sudah masuk ke pemanas, jangan langsung ditarik, tapi terlebih dahulu longgarkan tekanan pada Pressure Roller. Caranya adalah dengan menarik tuas di pemanas, baru kemudian kertas ditarik sesuai dengan arah jalannya kertas.

Pastikan tidak ada sobekan kertas yang tertinggal di dalam printer sebelum mulai mengoperasikan printer.

Ketika Anda mulai mengoperasikan printer pertama kali, biasanya cetakan akan kotor, ini normal dan akan hilang sendiri setelah mencetak beberapa lembar.
Jika kasus paper jam terus berulang, sebaiknya panggil teknisi.

Don’t Stop Here

More To Explore

Diskon Transaksi pertama!

25% OFF

transaksi pertama Anda!